RPP GEOGRAFI KELAS XII

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Prinsip-prinsip dasar peta
Unti : SMA
Kelas/Semester : 1 s.d 4
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

B. Indikator
• Menunjukkan komponen-komponen peta
• Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
• Mempraktikan prinsip proyeksi peta ke bidang datar

C. Materi Pokok
• Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan

D. Skenario Pembelajaran
• Guru bertanya tentang komponen peta
• Siswa merespon pertanyaan guru
• Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas
• Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar
• Siswa secara berkelompok menggambar wilayah pada globe ke bidang datar
• Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar
• Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Laporan, uraian berstruktur

F. Media
• Atlas
• Globe
• Peta
• Denah
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Keterampilan dasar peta dan pemetaan
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.1 Mempraktikkan dasar peta dan pemetaan

B. Indikator
• Membuat laporan data hasil pengukuran

C. Materi Pokok
• Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah

D. Skenario Pembelajaran
• Guru mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang komponen peta
• Siswa merespon pertanyaan guru
• Guru meminta siswa secara kelompok untuk melakukan pengukuran lokasi sekolah dengan cara diundi lokasinya terdiri:
– Ruang kelas
– Lapangan olahraga
– Halaman upacara
• Secara kelompok siswa melakukan pengukuran lokasi sekolah sesuai undiannya dengan menggunakan kompas, meteran dan busur
• Secara kelompok siswa mencatat hasil pengukuran

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Atlas
• Peta
• Denah
• Kompas
• Meteran
• Busur
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Keterampilan dasar peta dan pemetaan
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 9 s. d 12
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.1 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

B. Indikator
• Merumuskan data hasil pengukuran

C. Materi Pokok
• Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah

D. Skenario Pembelajaran
• Seminggu sebelumnya secara kelompok siswa melakukan pengukuran lokasi lingkungan sekolah
• Guru meminta siswa secara berkelompok mengolah data dari hasil pengukuran lokasi lingkungan sekolah sesuai undian seperti:
– Ruang kelas
– Lapangan olah raga
– Halaman upacara
• Siswa secara berkelompok mengolah data hasil pengukuran
• Guru meminta siswa menyiapkan bahan dan alat membuat peta untuk pertemuan berikutnya

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Laporan, uraian berstruktur

F. Media
• Atlas
• Globe
• Peta
• Denah
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Keterampilan dasar peta dan pemetaan
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 13 s. d 16
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.1 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan

B. Indikator
• Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan

C. Materi Pokok
• Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah

D. Skenario Pembelajaran
• Seminggu sebelumnya secara kelompok siswa mengolah data hasil pengukuran langsung lokasi lingkungan sekolah
• Guru meminta siswa secara berkelompok membuat peta-peta hasil pengukuran langsung lokasi lingkungan sekolah sesuai undian seperti:
– Ruang kelas
– Lapangan olah raga
– Halaman upacara
• Siswa secara berkelompok menyusun peta hasil pengukuran langsung lokasi sekolah

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Laporan, uraian berstruktur

F. Media
• Atlas
• Globe
• Peta
• Denah
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Lokasi Industri
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 17 s. d 20
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta

B. Indikator
• Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu
• Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut tenaga kerja, modal teknologi peraturan dan lingkungan

C. Materi Pokok
• Klasifikasi industri

D. Skenario Pembelajaran
• Guru meminta siswa ke perpustakaan untuk mencari referensi/studi pustaka mengenai:
– Pengertian industri
– Klasifikasi industri
• Guru mengajukan pertanyaan tentang pengertian industri dan klasifikasi industri
• Siswa merespon dengan menjelaskan dari merangkum dari berbagai referensi di perpustakaan
• Guru menjelaskan pengertian industri dan klasifikasi industri

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Lokasi Industri
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 21 s. d 24
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta

B. Indikator
• Mengidentifikasi faktor penyebab gejala aglomerasi industri
• Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri

C. Materi Pokok
• Faktor penyebab gejala aglomerasi industri

D. Skenario Pembelajaran
• Guru menunjukkan peta industri melalui peta digital
• Guru meminta siswa untuk menganalisis peta industri pada peta digital
• Siswa secara berkelompok diskusi mengenai persebaran industri pada peta digital
• Siswa presentasi hasil diskusi mengenai lokasi penentuan industri
• Guru menyimpulkan
• Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan terhadap industri yang ada disekitar tempat tinggal siswa

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas kelompok, kuis, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Lokasi Industri
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 25 s. d 30
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta

B. Indikator
• Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
• Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian pertanian
• Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

C. Materi Pokok
• Pemanfaatan peta dalam kajian aspek-aspek pertanian

D. Skenario Pembelajaran
• Guru meminta siswa untuk menunjukkan hasil pengamatan seminggu sebelumnya tentang adanya industri di sekitarnya
• Siswa merespon dengan menjelaskan industri di sekitar tempat tinggalnya
• Guru menyimpulkan dari penjelasan siswa
• Guru meminta siswa secara kelompok untuk mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
• Secara kelompok siswa membuat laporan tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
• Siswa presentasi
• Guru membuat kesimpulan

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Pengindraan Jauh
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 31 s. d 36
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra Penginderaan jauh

B. Indikator
• Menjelaskan pengertian penginderaan jauh
• Membedakan unsur-unsur citra penginderaan jauh
• Mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
• Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh (mis: gempa dan tsunami di Indonesia)

C. Materi Pokok
• Pemanfaatan citra Penginderaan jauh

D. Skenario Pembelajaran
• Guru mengajukan pertanyaan tentang pengertian penginderaan jauh
• Siswa merespon pertanyaan guru
• Guru menunjukkan contoh-contoh:
– foto udara/satelit
– foto udara/satelit melalui LCD
• Siswa secara berkelompok mengamati unsur-unsur citra penginderaan jauh
• Guru menjelaskan unsur-unsur citra penginderaan jauh
• Secara kelompok siswa mengidentifikasi manfaat citra penginderaan jauh
• Guru meminta siswa secara kelompok membuat kliping dari Koran/internet tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh mengenai gempa dan tsunami di Indonesia

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Sistem Informasi Geografi
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 37 s. d 38
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 2.2 Menjelaskan pemanfaatan SIG

B. Indikator
• Merumuskan konsep dasar SIG
• Mengidentifikasi konsep dasar SIG

C. Materi Pokok
• Konsep dasar dan komponen SIG

D. Skenario Pembelajaran
• Siswa membaca literatur konsep dasar dan komponen SIG
• Tanya jawab tentang konsep dasar dan komponen SIG
• Guru menjelaskan tentang konsep dasar komponen SIG
• Siswa diberi tugas untuk menunjukkan komponen komputer

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur, laporan

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Sistem Informasi Geografi
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 39 s. d 42
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 2.2 Menjelaskan pemanfaatan SIG

B. Indikator
• Melakukan tahapan kerja SIG

C. Materi Pokok
• Tahapan kerja SIG

D. Skenario Pembelajaran
• Seminggu sebelumnya siswa ditugasi untuk mencatat komponen computer (karena computer merupakan jantung dari SIG)
• Tanya jawab tentang komponen computer (dalam hal ini SIG) serta fungsinya masing-masing
• Penjelasan secara garis besar subsistem/tahapan kerja SIG meliputi:
a. Masukan (Input)
b. Analisis dan manipulasi data (Processing)
c. Keluaran (Output)
• Guru mendemontrasikan subsistem/tahapan kerja SIG dengan computer.
• Pada tahap 1 masukan data/input meliputi:
1. Proses scanning/penyiaman
2. Proses akuisisi/digitasi meliputi pembangunan topologi data, pemberian atribut (ID/Identitas) editing dan pengelolaan data atau pengarsipan pada layer
• Guru meminta siswa secara kelompok untuk mempraktekkan proses digital

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur, laporan

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara di kota Surakarta
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Sistem Informasi Geografi
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 43 s. d 48
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 2.2 Menjelaskan pemanfaatan SIG

B. Indikator
• Melakukan tahapan kerja SIG

C. Materi Pokok
• Tahapan kerja SIG

D. Skenario Pembelajaran
• Guru menjelaskan tahap ke 2 cara kerja SIG yaitu processing yang meliputi analisis dan manipulasi data dengan komputer
• Guru mendemonstrasikan analisis dan manipulasi data meliputi:
1. Buffering
2. Scoring
3. Overlay
• Guru meminta siswa secara kelompok untuk mempraktikkan tahap ke 2 kerja SIG yaitu:
a. Buffering
b. Scoring
c. Overlay

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara di kota Surakarta
• Peta kota Surakarta
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Geografi
Topik/Kegiatan : Sistem Informasi Geografi
Unti : SMA
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan : 49 s. d 54
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar
• 2.2 Menjelaskan pemanfaatan SIG

B. Indikator
• Melakukan tahapan kerja SIG

C. Materi Pokok
• Tahapan kerja SIG

D. Skenario Pembelajaran
• Guru menjelaskan tahap 3 cara kerja SIG yaitu keluaran (output) yang meliputi:
1. Informasi spasial baru dalam bentuk hard copy
2. Perbedaan pekerjaan SIG dengan pekerjaan manual (SIG konvensial)
• Penugasan siswa secara kelompok untuk membuat makalah tentang manfaat SIG dalam kalian geografi

E. Penilaian
• Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
• Bentuk tagihan : Uraian berstruktur, laporan

F. Media
• Citra penginderaan jauh
• Foto udara di kota Surakarta
• Peta kota Surakarta
• Komputer
• LCD
• Buku-buku yang relevan

About these ads

One response to “RPP GEOGRAFI KELAS XII

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s